Back to Kompasiana
Artikel

Sosbud

Prina Joey

Tertarik dengan sejarah

Sendratari Ramayana, Cerita legenda yang tidak termakan waktu

HL | 22 January 2013 | 22:14 Dibaca: 4794   Komentar: 0   4

Sendratari Ramayana atau Ramayana Ballet adalah pertunjukan seni tari tanpa dialog yang menceritakan tentang cerita Ramayana karya Walmiki yang di ambil dari cerita legenda yang ditulis dalam bahasa Sanskerta. Cerita Ramayana juga di ambil berdasarkan cerita relief candi prambanan. Sendratari Ramayana di selenggarakan di komplek candi prambanan kala malam hari. Hari Selasa, Kamis dan Sabtu mulai jam 19.30 - 21.30 wib.

Dalam sendratari ramayana tidak ada dialog sama sekali, Sinden yang akan menggambarkan jalan cerita para penari. Para penari dengan cantik , luwes dan penuh penjiwaan akan mengajak kita larut akan jalan cerita yang di kemas apik dan kolosal, tata rias para penari membuat kita bisa membedakan tokoh dan karakter pemain, penataan cahaya menambah atmosfer sakral di pertunjukan tersebut.

Jadwal pementasan sendratari ramayana prambanan di bagi dua pertunjukan :

  1. Bulan November - April di adakan di dalam gedung pertunjukan trimurti
  2. Bulan Mei - Oktober diadakan di panggung terbuka (open teater)

Cerita sendratari ramayana yang di ambil dari relief candi prambanan yang terukir pada candi siwa dan candi brahma bercerita tentang Rama Wijaya Putra Mahkota kerajaan Ayodya yang berhasil memenangkan sayembara untuk memperistri Dewi shinta putri prabu janaka dari negeri mantili. Di lain pihak Prabu Rahwana Raja Alengkadiraja sangat menginginkan memperistri dewi widowati, setelah melihat shinta , rahwana menganggap shinta adalah titisan dewi widowati yang selama ini di cari-carinya.

13588668751497238266

kiri-kanan: Rama wijaya, Dewi Shinta, Leksmana

Rama, shinta dan leksmana (adik rama) melakukan perjalanan sampai hutan dandaka, rahwana mengubah pengikutnya menjadi kijang kencana. Melihat kijang elok tersebut shinta meminta rama untuk menangkapnya, dikejarlah kijang tersebut oleh rama. Lama rama tidak kembali shinta menyuruh laksamana untuk mencari rama, sebelum pergi laksmana membuat lingkaran magis untuk shinta. Rahwana mengetahui shinta seorang diri ingin menculik nya tetapi gagal karena lingkaran magis laksmana. Rahwana mencari akal dengan merubah dirinya menjadi brahmana tua ketika shinta mendekati untuk memberi sedekah dan keluar dari lingkaran, ditariklah shinta dan di bawa ke alengka oleh rahwana.

13588670081399857805

Rahwana menyamar menjadi Brahmana tua berhasil menarik shinta keluar dari lingkaran magis

Rama yang berhasil menangkap kijang kencana ternyata kijang tersebut berubah menjadi raksasa sehingga terjadilah perang dengan rama. Raksasa kijang itu terpanah oleh rama, leksmana yang menyusul rama mengajak segera kembali menemui shinta. ketika kembali rama kaget karena shinta hilang berdasarkan cerita dari garuda yang bernama Jatayu rama mengetahui shinta di culik oleh rahwana. Dalam kesedihannya datang hanuman kera putih yang di utus oleh pamannya sugriwa untuk mencari dua kesatria untuk dapat mengalahkan subali. Akhirnya rama membantu mengalahkan subali.

Karena jasa rama yang telah mengalahkan subali , sugriwa mengutus hanuman untuk membantu rama mencari shinta, Hanuman pergi kekerajaan alengka untuk menemui shinta, di sana hanuman membuat onar untuk mengetahui kekuatan kerajaan alengka, hanuman tertangkap oleh indrajid putra rahwana dan di bakar hidup-hidup. Bukannya mati hanuman dengan api tersebut membakar kerajaan alengka (Cerita ini terkenal dengan nama Hanuman Obong)

Hanuman kembali kepada rama, Rama berserta pasukan kera berangkat ke kerajaan alengka, dalam perang brubuh tersebut rahwana gugur terpanah oleh rama dan di himpit gunung sumawan yang di bawa hanuman. Setelah rahwana mati, diantar hanuman, Shinta menghadap rama, Tetapi rama menolak karena menganggap shinta telah ternoda selama berada di alengka. Maka rama minta bukti kepada shinta untuk membuktikan kesuciannya, dengan sukarela shinta bakar diri, karena kebenarannya, kesucian shinta dan pertolongan dewa api, shinta selamat dari api. Setelah terbukti kesuciannya, rama menerima kembali shinta dengan perasaan haru dan bahagia.

Selain di komplek Candi prambanan,sendratari ramayana dapat pula di saksikan di Purawisata Yogyakarta yang terletak di Jalan Brigjen Katamso, sebelah timur Kraton Yogyakarta. Di tempat yang telah memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) pada tahun 2002 setelah mementaskan sendratari setiap hari tanpa pernah absen selama 25 tahun tersebut.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

[Pileg] Pertarungan antar “Kontraktor …

Syukri Muhammad Syu... | | 23 April 2014 | 22:57

Pengalaman Jadi Pengamen Pada 1968 – 2013 …

Mas Ukik | | 23 April 2014 | 21:14

Ini yang Penting Diperjelas sebelum Menikah …

Ellen Maringka | | 23 April 2014 | 13:06

Bumiku Sayang, Bumiku Malang …

Puri Areta | | 23 April 2014 | 16:46

Kompasiana Menjadi Sorotan Pers Dunia …

Nurul | | 22 April 2014 | 19:06


TRENDING ARTICLES

Hotma Paris Hutapea dan Lydia Freyani …

Zal Adri | 18 jam lalu

Jokowi, Prabowo, dan Kurusetra Internet …

Yusran Darmawan | 20 jam lalu

Wuih.. Pedofilia Internasional Ternyata …

Ethan Hunt | 20 jam lalu

Bukan Hanya BCA yang Menggelapkan Pajak …

Pakde Kartono | 21 jam lalu

Kasus Hadi Poernomo, Siapa Penumpang …

Sutomo Paguci | 23 jam lalu

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: