Back to Kompasiana
Artikel

Sosbud

Nismah Maulida

Seorang wanita yang ingin menyampaikan apa yang ia lihat, ia dengar, ia rasakan, dan ia selengkapnya

Beberapa Tata Krama Pergaulan dalam Islam

OPINI | 18 November 2012 | 15:42 Dibaca: 1710   Komentar: 0   0

Hm.. baru dapat hal yang mau dishare lagi nih.. :).

Alhamdulillah pas lagi baca Alqur’an dan terjemahannya, ternyata ada beberapa ayat yang berurutan dalam surat Al Isra’ yang semua isinya berkaitan dengan tata krama dalam pergaulan.

Wah..

betapa ajaran islam benar-benar mencakup semua aspek kehidupan ya.. bahkan cara kita bersikap pun diajarkan oleh Allah SWT.

Coba deh lihat surat Al Isra’ mulai dari ayat 22-38. Diantara ayat-ayat tersebut ada yang termasuk ke dalam perintah dan ada yang termasuk larangan. Kali ini saya akan sharing tentang larangannya saja karena pada akhir surat disebutkan bahwa larangan-larangan tersebut termasuk kejahatan yang sangat dibenci oleh Allah.

“ Semua itu kejahatannya amat dibenci di sisi Tuhanmu” (QS. Al Isra’: 38)

Kejahatan yang dimaksud adalah kejahatan yang terdapat dalam ayat 22, 23, 26,29, 31, 32,33, 34,36, 37. Yuk kita bahas satu persatu sesuai versi saya memahami ayat-ayat tersebut .

1. Kejahatan pertama yang disebutkan oleh Allah SWT adalah menduakanNya alias melakukan perbuatan musyrik.

“Janganlah kamu adakan Tuhan lain disamping Allah SWT agar kamu tidak tercela & tidak ditinggalkan oleh Allah SWT” (QS. Al Isra’:22).

2. “Janganlah kamu membentak kedua orang tua dan ucapkanlah kepada mereka perkataan-perkataan yang baik” (QS. Al Isra’:23).

Ayat ini mengajarkan bahwa dalam bergaul dengan orang tua kita harus bersikap lemah lembut terhadapnya. Ayat ini juga menunjukkan betapa penting kedudukan orang tua kita karena ditempatkan nomor dua setelah larangan menyekutukannya.

3. Janganlah menghambur-hamburkan hartamu secara boros & berikanlah kerabat, orang miskin, & orang-orang yang dalam perjalanan akan haknya (QS. Al Isra’:26).

Ayat ini mengajarkan bahwa dalam bergaul kita harus peduli sesama dan sebisa mungkin mencegah timbulnya kecemburuan sosial . Ingatlah bahwa didalam harta kita ada hak orang lain dan kita harus mengeluarkannya.

4. “Janganlah kamu jadikan tanganmu terbelenggu pada dadamu (kikir) &janganlah kamu terlalu mengulurkannya (terlalu pemurah) karena itu kamu jadi tercela dan menyesal” (QS. Al Isra’:29).

Ayat ini mengajarkan kita bahwa dalam bergaul kita tidak boleh kikir dan terlalu pemurah sehingga menyebabkan orang lain ketergantungan terhadap pemberian dari kita

5. “Janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut kemiskinan. Kamilah yang akan memberikan rezeki kepada mereka dan juga kepadamu. Sesungguhnya membunuh mereka adalah suatu dosa yang besar” (QS. Al Isra’:31).

Ayat ini mengajarkan kita untuk percaya pada Qada dan Qadar. Setiap manusia sudah mempunyai rejekinya sendiri bahkan binatang melata pun Allah berikan rejekinya. Sedangkan anak merupakan amanah yang diberikan oleh Allah SWT kepada yang pasangan yang sudah siap menurutNya. Jadi tidak ada alasan untuk menyia-nyiakan apalagi diluar sana ada banyak pasangan yang ingin sekali mendapatkan keturunan namun tidak juga diberikan oleh-Nya. Maka bersyukurlah… jangan mengkufuri nikmatNya. Sesungguhnya orang yang bersyukur akan ditambahkan nikmatnya.

6. “Dan janganlah kamu mendekati zina sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan jalan yang amat buruk” (QS. Al Isra’:32).

Ayat ini mengajarkan kepada kita bahwa dalam bergaul terutama terhadap lawan jenis kita harus menjaga batasan-batasan. Tidak boleh terlalu bebas apalagi sampai berzina.

7. “Janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan oleh Allah SWT membunuhnya melainkan dengan suatu alasan yang benar. Barang siapa dibunuh secara zalim maka Allah memberikan kekuasaannya kepada Ahli waris untuk menuntut qishas, tetapi janganlah ahli waris berlebihan dalam menunaikannya” (QS. Al Isra’:33).

Ayat ini mengajarkan kita untuk tidak membunuh satu jiwa tanpa alasan yang benar seperti qishas, membunuh orang murtad, rajam.

Apabila itu terjadi, maka berlakulah hukum qishas dimana nyawa harus dibalas dengan nyawa. Ahli warislah yang berhak melakukannya namun tidak boleh berlebihan jugadalam menunaikannya.

8. “Dan janganlah kamu mendekati harta anak yatim kecuali dengan cara yang baik sampai ia dewasa dan penuhilah janji. Sesungguhnya janji itu pasti dimintai pertanggungjawabannya” (QS. Al Isra’:34).

Ayat ini mengajarkan bahwa dalam bergaul dengan anak yatim harus dengan cara yang baik dan berusahalah untuk memenuhi janji karena setiap janji pasti akan dimintai pertanggung jawabannya.

9. “Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan terhadapnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semua itu akan dimintai pertanggungjawabannya” (QS. Al Isra’:36).Menurut saya ayat ini mengajarkan bahwa dalam bergaul kita tidak boleh menurutkan hawa nafsu atau prasangka-prasangka belaka karena setiap apa yang kita lakukan kelak akan dimintai pertanggungjawabannya.

10. “Dan janganlah kamu berjalan dimuka bumi ini dengan sombong. Karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung” (QS. Al Isra’:37).

ayat ini mengajarkan bahwa dalam bergaul kita tidak boleh berprilaku sombong. Sombong merupakan sikap yang harus benar-benar dijauhi karena meniru sifat Fir’aun yang karena kesombongannya hingga mengaku sebagai Tuhan dan akhirnya diadzab oleh Allah SWT

Mudah-mudahan kita dapat menjauhi larangan-larangan yang disebutkan diatas sehingga tidak termasuk golongan yang dibenci oleh Allah SWT. Aamiin..

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Membayar Zakat Fitrah di Masjid Turki, …

Gaganawati | | 27 July 2014 | 22:27

Kiat Menikmati Wisata dengan Kapal Sehari …

Tjiptadinata Effend... | | 27 July 2014 | 19:02

Indahnya Perbedaan :Keluarga Saya yang Dapat …

Thomson Cyrus | | 27 July 2014 | 19:45

Ini Rasanya Lima Jam di Bromo …

Tri Lokon | | 27 July 2014 | 21:50

Punya Gaya “Make Up” Menarik? …

Kompasiana | | 09 July 2014 | 00:21


TRENDING ARTICLES

Temuan KPK: Pemerasaan Pada TKI Capai Rp 325 …

Febrialdi | 26 July 2014 22:14

KPK Lebih Dibutuhkan TKI Ketimbang TNI, …

Fera Nuraini | 26 July 2014 19:21

Taruhan Kali Ini Untuk Jokowi dan Demokrasi …

Hosea Aryo Bimo Wid... | 26 July 2014 19:19

Surat Lebaran untuk Emak …

Akhmad Mukhlis | 26 July 2014 14:40

Daftar Kompasioner yang Berkualitas …

Hendrik Riyanto | 26 July 2014 13:29

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: