Back to Kompasiana
Artikel

Sosbud

Isnasaragih

bugdet traveler ...

Lambang Daerah Unik di Indonesia

OPINI | 11 October 2012 | 23:54 Dibaca: 1865   Komentar: 0   0

Lambang daerah merupakan sebuah lambang yang menggambarkan identitas dan potensi daerah. Ternyata beberapa daerah di Indonesia memiliki lambang yang unik lho. Daerah mana saja itu, mari kita lihat.

1. Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat

Meski terlihat sederhana, lambang kabupaten Pesisir Selatan ini  sebenarnya terdiri dari gambar lumbung padi dan alat musik rebab. Makna keseluruhan adalah Pesisir Selatan yang terdiri dari perbukitan hijau dan laut yang membiru dan sebagai daerah lumbung padi Sumatera Barat yang berbudaya.

2. Kota Ambon, Maluku

Jika banyak daerah menggunakan lambang daerah berbentuk perisai segi lima, lain halnya dengan kota Ambon yang memakai bentuk segitiga. Segitiga merupakan bentuk perisai salawaku, lambang keberanian rakyat  Maluku menghadapi penjajah.

3. Kabupaten Buleleng, Bali

Lambang kabupaten Buleleng berupa seekor hewan singa bersayap yang bernama Singa Raja. Hewan ini menurut mitologi masyarakat Bali merupakan lambang keberanian dan kepahlawanan.

4. Kota Serang, Banten

Kesederhanaan adalah kata yang tepat menggambarkan lambang kota ini. Lambang ini menampilkan gapura kesultanan Banten yang merupakan ikon kota Serang.

5. Kabupaten Lebak, Banten

Angklung berwarna hitam merupakan komponen dominan lambang kabupaten Lebak. Angklung adalah alat musik tradisional kabupaten Lebak.

6. Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

Meskipun agak susah dipahami, gambar ini secara keseluruhan menggambarkan keabadian, kejayaan, hasil bumi kabupaten Sukabumi berupa teh dan karet dan kujang sebagai senjata tradisional masyarakat Sunda.

7. Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Banyak yang tidak mengetahui bahwa lambang kabupaten Bandung diadopsi dan diubah sejak zaman Belanda. Corak lambang yang asimetris ini menggambarkan gunung Tangkuban Parahu, danau Bandung purba sebagai bagian sejarah kabupaten Bandung, bendungan dan kina sebagai hasil bumi andalan.

8. Kota Bandung, Jawa Barat

Hampir sama dengan lambang kabupaten Bandung, lambang kota Bandung menggambarkan kota Bandung yang dikelilingi banyak pegunungan dan gelombang air sebagai penanda bahwa Bandung dulunya adalah sebuah danau purba.

9. Kabupaten Sumedang, Jawa Barat

Bangunan bersejarah monumen lingga merupakan gambar utama pada lambang kabupaten Sumedang. Selain itu kata “insun medal” (kayu medang) pada bawah lambang diyakini sebagai asal usul nama kota Sumedang.

10. Kota Bogor, Jawa Barat

Lambang kota Bogor merupakan penyesuaian dari lambang kota Bogor pada zaman Belanda. Pada lambang dapat kita temukan berbagai ikon kota Bogor seperti istana Bogor, gunung Salak dan kujang.

11. Kota Cimahi, Jawa Barat

Kesan modern saya tangkap dari lambang ini. Garis-garis berpola geometris patah-patah tanpa adanya garis lengkung menyiratkan ketegasan dan keseimbangan.

12. Kota Jambi

Unsur-unsur pada lambang kota Jambi berupa senapan, gong, angsa dan pohon jambe (pinang). Angsa merupakan hewan yang dibawa oleh seorang pangeran Jambi menyusuri sungai untuk mencari ibukota kerajaan yang baru, di suatu tempat yang akhirnya sekarang bernama kota Jambi beliau menemukan senapan dan gong.

13. Kota Pekalongan, Jawa Tengah

Kota batik adalah julukan kota ini. Hal ini tercermin dari adanya gambar canting alat untuk membatik dan kain batik di lambang ini.

14. Kota Surabaya, Jawa Timur

Kota yang berjuluk kota pahlawan ini menampilkan ikon kota Surabaya paling terkenal yaitu tugu pahlawan 10 November 1945 dan tugu Sura ing Baya yang menjadi cikal bakal nama kota Surabaya.

15. Kota Malang, Jawa Timur

Kota Malang konon berasal dari kata “Malangkucecwara” yang merupakan nama sebuah candi yang diperkirakan terdapat di sebuah pegunungan di sebelah timur kota Malang. Ikon kota Malang sendiri adalah sebuah monumen tugu yang terdapat pada lambang kota Malang. Tugu ini terletak di pusat kota Malang.

16. Kota Kediri, Jawa Timur

Lambang daerah yang sekilas mirip burung garuda ini sebenarnya berwujud raksasa bersayap bernama Buto Locoyo yang menggambarkan perdana menteri kerajaan Kediri Ki Ageng Dhaha dan harimau putih menggambarkan raja legendaris kerajaan kediri Sri Jayabaya.

17. Kota Probolinggo, Jawa Timur

Dari lambang kota Probolinggo yang sederhana tapi menarik ini tersirat legenda asal usul kota dari sebuah tempat yang ditandai dengan lingga (penanda) dan probo (cahaya meteor/bintang). Daun mangga dan anggur melambangkan hasil bumi unggulan kota Probolinggo.

18. Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

Kuda bersayap yang sekilas mirip hewan mitos unicorn ini dikisahkan merupakan kuda yang ditunggangi oleh Jaka Thole, seorang pangeran dari kerajaan Sumenep. Sementara itu kata “Sumekar” merupakan sebutan kuno kota Sumenep.

19. Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan

Ikan todak yang merupakan ikon daerah merupakan hasil kelautan yang menonjol dari kabupaten Kotabaru. Sedangkan kata Sa-ijaan (bahasa Banjar) bermakna sehati.

20. Kota Ternate, Maluku Utara

Ikan pari, cengkih dan pala yang terdapat dalam lambang kota Ternate mencerminkan hasil utama perekonomian kota Ternate.

21. Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan

Lambang kabupaten Sinjai adalah kuda putih dan perahu. Kuda dan perahu adalah kendaraan utama masyarakat dan pihak kerajaan Sinjai zaman dulu.

22. Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan

Burung kakaktua yang menjadi lambang kabupaten Soppeng bermakna burung yang membawa berita adanya raja yang pertama kali memerintah di wilayah Soppeng,

23. Kota Manado, Sulawesi Utara

Salah satu lambang daerah terindah dimiliki oleh kota Manado. Lambang ini secara keseluruhan menggambarkan burung manguni (burung hantu) sebagai lambang budaya Minahasa, kelapa sebagai tanaman khas Sulawesi Utara dan gelombang menggambarkan Manado sebagai kota pelabuhan.

24. Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara

Burung manguni (burung hantu) juga dipakai sebagai lambang kabupaten Minahasa. Burung hantu digambarkan sebagai burung yang memiliki kekuatan dan keberanian.

25. Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara

Lambang berwarna merah jambu ini merupakan lambang baru kabupaten Minahasa Tenggara. Lambang ini sempat menjadi kontroversi karena dianggap mengingkari lambang budaya Minahasa yang sesungguhnya yaitu mengganti gambar burung hantu dengan burung merpati. Meski demikian lambang ini masih dipakai oleh pemerintah kabupaten Minahasa Tenggara.

26. Kota Gunung Sitoli, Sumatera Utara

Semua orang pasti setuju bahwa lambang kota Gunung Sitoli mirip bentuk perangko yang pinggirannya bergerigi. Sebenarnya ini adalah gambar benteng. Sedangkan di tengah lambang adalah rumah adat suku Nias yang merupakan penduduk asli kota Gunung Sitoli.

27. Kota Palembang, Sumatera Selatan

Ini adalah lambang favorit saya. Lambang yang gambarnya sangat dekoratif dan penuh imajinasi ini melukiskan keagungan budaya Palembang yang terpengaruh oleh kerajaan Sriwijaya.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

BMI Hongkong Tertipu 60 Juta Oleh “Bule …

Fey Down | | 25 October 2014 | 17:32

ATM Susu …

Gaganawati | | 25 October 2014 | 20:18

[PALU] Kompasiana Nangkring Bareng BKKBN di …

Kompasiana | | 01 October 2014 | 15:12

Gayatri Wailisa, Anggota BIN? Perlukah …

Arnold Adoe | | 25 October 2014 | 16:01

Inilah Daftar Narasumber yang Siap Beraksi …

Kompasiana | | 20 October 2014 | 15:40


TRENDING ARTICLES

Serunya di Balik Layar Pemotretan Presiden …

Gatra Maulana | 8 jam lalu

BMI Hongkong Tertipu 60 Juta Oleh “Bule …

Fey Down | 9 jam lalu

Hatta Rajasa Tahu Siapa Bandit Migas …

Eddy Mesakh | 10 jam lalu

Presiden Jokowi, Ibu Negara, dan …

Sintong Silaban | 11 jam lalu

Kerumitan Membentuk Kabinet …

Mas Isharyanto | 12 jam lalu


HIGHLIGHT

Fakta & Rahasia Saya Tentang Buku …

Indria Salim | 9 jam lalu

Hanya Tontowi/Liliyana di Final Perancis …

Sapardiyono | 9 jam lalu

Pilih Steak Sapi New Zealand Atau Ramen …

Benny Rhamdani | 9 jam lalu

Upacara Adat Satu Suro Kampung Adat Cirendeu …

Sandra Nurdiansyah | 10 jam lalu

50 Yacht Luar Negeri “Serbu” …

Mustafa Kamal | 10 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: