Back to Kompasiana
Artikel

Sosbud

Sri H

"I have nothing to declare except my genius" ~Oscar Wilde~ www.jengsri.com

Apa Kata Bule Tentang Wanita Indonesia?

REP | 13 January 2012 | 20:44 Dibaca: 30486   Komentar: 72   8

13263959691266135353

Mbak Miss Universe Indonesia 2010 - ayu banget ya?

Tergelitik untuk membahas ini ketika seorang kompasianer yang gape dalam menulis reportase artikelnya di Kompasiana memberikan sebuah komen di shout boxku yang menurutnya senyumku ini bak photo model dan pastilah banyak bule yang mengidolakan diriku. Cuit, cuit.

Kompasianer yang berlokasi di negeri Emirat Arab dan memiliki nickname Bernandang Delta BvLgari ini sememangnya benar, bahwa banyak bule yang mengidolakan diriku - jadi ini fakta bukan fitnah :).

Perihal tentang aku yang dijadikan idola oleh para bule sebenarnya bukan karena aku yang menurut si Abang Delta ini cantik bak model Prancis alias Prapatan Ciamis, apalagi mirip dengan photo Miss Universe 2010 yang terpampang di tulisanku (jelas jauh panggang dari satenya!) - namun karena memang bule yang sangat memuja wanita Indonesia.

Dan bahkan ada seorang bule Amerika yang membuat khusus sebuah blog tentang kecintaannya pada kecantikan wanita Indonesia. Duh, sebegitu powerfullkah kecantikan wanita Indonesia?

Begitulah menurut dunia.

Dan nyatanya bukan hanya si bule Amerika yang tergila-gila dengan kecantikan wanita Indonesia, namun bule-bule di seluruh jagad raya!

Sounds too exaggerating? Tentu tidak.

Kecantikan wanita Indonesia memang sudah terkenal di manca negara. Kemanapun wanita Indonesia melangkahkan kaki di negeri bule, mereka akan dilirik dan dipuji. Sayangnya justru dinegeri sendiri kecantikan ini tak nampak di mata kita.

Lho kok bisa?

Entahlah. Negeri dongeng yang sarat dengan kisah kasih di sekolah ini memang sangat unik. Ketika kecantikan alami wanita Indonesia dipuji di manca negara, justru di negeri sendiri para wanita ingin merubah diri menjadi kebule-bulean.

Menjadi parah ketika iklan media kecantikan menjejali kita tentang figur bagaimana menjadi seorang sosok wanita cantik nan sempurna. Lihatlah bagaimana wanita banyak mengasupi diri dari atas kepala sampai kaki dengan produk kecantikan; bahkan ada beberapa kasus para wanita yang mengambil ‘jalan pintas’ demi mempercantik diri!

Diri yang tidak bisa lagi menerima hidung pesek segera melakukan surgery untuk di pancung. Kulit sawo matang yang sedikit item menjadi pemandangan tak sedap buat kita, salonpun menjadi tempat untuk transisi. Rambut hitam dirubah menjadi warna pelangi. Bibir yang sudah baik-baik di pertebal bagaikan orang habis tersengat tawon, dan sebagainya, dan sebagainya…

Tetapi tahukah kita dari semua diatas yang kita tak suka nyatanya adalah sesuatu hal yang sangat berharga bagi orang lain, bahkan mereka memimpikan ingin terlahir seperti kita?

Tentu saja kita tidak tahu. Kalaupun tahu mengapa banyak wanita yang repot-repot bikin jadwal di agenda untuk pergi ke salon kecantikan setiap minggu? Yang padahal orang di belahan dunia lain berkata tentang kita: “You are so perfect”.

Apa saja yang membuat bule berpikir bahwa kita So Perfect?

Cute Innocent Face

Dari Sabang sampai Merauke bule berpikir bahwa wanita Indonesia memiliki wajah cute innocent face. Dari bentuk wajah, bentuk hidung (pesek ataupun mancung), warna mata yang cokelat kehitam-hitaman, gigi yang tersusun rapi alami bak mutiara khatulistiwa. Semua ini nampak sempurna di mata mereka.

1326410971842368330

Wanita Jawa tahun 40an - Cantik alami.

1326411066510332208

Mbak Anggun yang masih exist dengan wajah dan kulit Indonesianya.

Aku yang tadinya selalu jealous dengan wanita yang memiliki hidung mancung, akhirnya harus bersyukur karena justru hidungku yang bak bakso bulet ini nyatanya dipuja-puji laksana artis kesasar. Gigiku yang besar bak gigi unta nyatanya membuat iri para wanita bule disini. Warna mataku yang cokelat membuat bule-bule sering menyanyikan lagu “You are my brown eyed girl” … tepatnya wanita Indonesia bak selibriti bagi para bule.

Jika ada pembaca kompasianers saat ini memuja wajah blasteran dan ingin memiliki wajah seperti itu - maka percayalah bahwa wajah melayu anda sungguh sangat cantik.

Senyuman Ala Monalisa

Negara Asia Tenggara terkenal sekali dengan orang-orangnya yang ramah karena mereka suka tersenyum. Bahkan negara Thailand di juluki secara international sebagai The Land Of A Thousand Smiles, yang artinya negara seribu senyum.

Jika sebuah senyum saja dapat membuah sebuah negara begitu terkenalnya maka tidak heran jika philosophy bahwa senyum memiliki kekuatan dahsyat adalah benar adanya.

Kurasakan betapa cantiknya senyum kita dimata mereka ketika aku keluar dari sebuah National Gallery di Italy bersama suamiku yang sedang asyik bercengkrema laksana sepasang burung dan tiba-tiba seorang saptam yang sedang berjaga di pintu gallery menyapaku: “where do you come from?”. “Indonesia, why?” Jawabku. Sang saptam yang baik dan sopan membalas “You have a very nice smile”.

Sejelek apapun gigi anda, tersenyumlah.

Kulit sawo matang nan sehat

Hampir semua wanita di Indonesia tidak menyukai kulit hitam atau sawo matang. Entah kenapa, kulit ini sangat tidak disukai. Begitupun dengan diriku, yang selalu berusaha memolesi kulit sawo matangku dengan scrub pemutih.

Tidak disangka kalau ternyata kulit sawo matang inilah yang sangat di cintai oleh para bule di seluruh dunia. Bagi mereka kulit sawo matang adalah  kulit yang sehat karena sering terkena sinar matahari. Maka janganlah heran kalau pembaca melihat bule rela berjemur di bawah terik matahari, semua itu mereka lakukan hanya karena ingin memiliki kulit seperti kita!

Mengapa demikian?

Karena umumnya negara bule sulit mendapatkan matahari, dan matahari adalah sesuatu yang sangat berharga bagi mereka. Tidak heran, banyak dari mereka, terutama wanita, rela mengocek uang jutaan untuk membuat kulit mereka sawo matang!

Heh? Kenapa kebalikannya di Indonesia ya, para wanita ramai-ramai ingin memutihkan kulit????


Tubuh Pendek bak Munchkin

Minder dengan ukuran tubuh? Pengen tinggi kayak bule-bule itu? Maka dengarlah pendapat bule tentang ukuran tubuh kita.

Rata-rata  orang asia memiliki tubuh jauh lebih pendek dari bule. Namun justru tubuh kecil pendek ini yang nampak cantik dimata mereka. Lihat saja di shopping centre, hampir semua fashion mall hanya beberapa yang memiliki ukuran petite - karena ukuran petite alias kecil jarang sekali yang punya dan hanya dimiliki oleh orang-orang cute seperti wanita Indonesia!

Dan tentunya masih banyak kecantikan-kecantikan lainnya dari wanita Indonesia yang didambakan oleh bule.

Berbicara tentang kecantikan, seorang teman priaku di Indonesia pernah berkomentar bahwa “cantik itu netral dan jelek itu absolute”. Menurutku sendiri, dan mungkin wanita lain serta pria di jaga raya ini akan berpendapat sama, bahwa kecantikan wanita tidak harus terpatri pada wajah ataupun fisik. Ada yang lebih penting daripada itu semua, yaitu inner beauty.

Sayangnya, inner beauty yang bisa didapat gratis ini sedikit demi sedikit dikikis oleh kemajuan produk kecantikan. Maka tidaklah heran jika kecantikan alami wanita Indonesia yang mendunia ini tidak di kenali di negeri sendiri, karena kita, wanita Indonesia asyik sibuk mengoreksi kekurangan fisik hingga lupa dengan ‘harta berharga’nya sendiri.

Sebagai penutup, diriku ingin berbagi sebuah komen di forum dari salah satu bule tentang pendapatnya pada wanita Indonesia:

” I have found Indonesian women to be the most kindest, warmest, loving, trusting, giving, most dedicated that a man can get, and everything I have to say about indo-women is GREAT….”

DBLN, 22.00-120112

Tags: sri h

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Selayang Pandang Tentang Demonstrasi …

Fera Nuraini | | 01 October 2014 | 20:57

“Menjadi Indonesia” dengan Batik …

Hendra Wardhana | | 02 October 2014 | 05:49

Mari Melek Sejarah Perlawakan Kita Sendiri …

Odios Arminto | | 02 October 2014 | 04:32

Seandainya Semalam Ada Taufik Kiemas …

Hendi Setiawan | | 02 October 2014 | 07:27

[DAFTAR ONLINE] Kompasiana Nangkring bersama …

Kompasiana | | 01 October 2014 | 10:36


TRENDING ARTICLES

Liverpool Dipecundangi Basel …

Mike Reyssent | 4 jam lalu

Merananya Fasilitas Bersama …

Agung Han | 4 jam lalu

Ceu Popong Jadi Trending Topic Dunia …

Samandayu | 6 jam lalu

MK Harus Bertanggung Jawab Atas Kericuhan …

Galaxi2014 | 8 jam lalu

Sepedaku Dicolong Maling Bule …

Ardi Dan Bunda Susy | 8 jam lalu


HIGHLIGHT

[DAFTAR ONLINE] Nangkring bersama Bank …

Kompasiana | 7 jam lalu

[DAFTAR ONLINE] Nangkring bersama Bank …

Kompasiana | 7 jam lalu

[DAFTAR ONLINE] Nangkring bersama Bank …

Sahara Bisnis | 8 jam lalu

Nangkring “Special” bersama Bank …

Kompasiana | 8 jam lalu

Kampung Media, “Kompasiananya” …

Ahyar Rosyidi Ros | 8 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: